Jerinx "SID" Jatuh Cinta kepada "Rita"


Jrx
JAKARTA, KOMPAS.com -- Bagi I Gede Ari Astina (35), yang terkenal dengan nama Jerinx atau JRX sebagai personel band-band Superman Is Dead  (SID) dan Devildice, bisnis busana dan pernik-pernik pelengkapnya bukanlah merupakan usaha semata, melainkan juga mencerminkan sikap. Salah satu contohnya, label clothing miliknya, Rumble (RMBL), mengeluarkan paket limited edition Rumble Rita (RMBL x RITA).
           
Dijelaskan melalui page Facebook (FB) Rumble Online Store, RMBL x RITA merupakan sebuah proyek penghormatan atas keberadaan minyak rambut Rita. Minyak rambut yang merupakan warisan klasik Indonesia tersebut beredar sejak 1948. Pabriknya berada di Surabaya, Jawa Timur.

Disebut pula, minyak rambut itu konsisten dengan estetika old school-nya. RMBL melihat konsistensi tersebut, "Sebagai refleksi dari dedikasi baja, yaitu menjadi diri sendiri di tengah gempuran persepsi 'cool' nan generik dari para fashionista karbitan. Di dunia yang makin plastik ini, that’s what we called ATTITUDE!" Dalam wawancara melalui BBM-nya (BlackBerry Messenger-nya). kepada Kompas.com, Jumat (2/3/2012) sore, JRX pun mengutarakan bahwa minyak rambut itu, "Ga ngerubah kemasan, artwork dan harganya tetap murah... Ada kesan idealis yang kuat :) Ga Tersentuh trend/teknologi."

Minyak rambut tersebut ternyata bukan barang asing bagi JRX. "Iya, dulu 1996-97 pas baru2 kenal culture rockabily, saya kebingungan cari minyak rambut yg bisa bikin rambut klimis..." cerita sang drummer yang juga menyanyi dan bermain gitar. "Ga sengaja nemu Rita, dan langsung jatuh cinta krn kemasannya kaleng..." sambungnya.

JRX mengaku mendapat gagasan untuk memberi penghormatan terhadap keberadaan minyak rambut itu ketika ia ingin memadukan label clothing-nya dengan sesuatu yang berenergi tak lekang oleh waktu dan justru tidak trendy. "Rita kan sama sekali ga populer di kalangan anak gaul," terangnya.

Paket RMBL x RITA terdiri dari sebuah t-shirt Rumble Rita, satu kaleng kecil pomade Rita, sebuah sisir bertulis Live Fast Die Handsome, dan selembar poster Rumble Rita.
Bagian punggung t-shirt hitam itu bergambar seorang perempuan (dari kepala hingga pinggang) yang mengenakan gaun korset klasik berwarna pink. Bagian dada kiri t-shirt tersebut bergambar gunting rambut, pisau cukur, serta dua bintang, plus tulisan Rumble Rita. T-shirt itu, termasuk gambar perempuannya, dirancang oleh Adi, rekan kerja JRX dalam RMBL. "Yg jelas, artwork itu terinspirasi dari artwork di kemasan Rita :)," tulisnya lagi.
Sementara itu, ide memasukkan sisir dalam paket tersebut datang dari JRX. Sisir merupakan perlengkapan dandan yang amat dekat dengan rambut.

Jumlah paket limited edition itu hanya 100. Setiap t-shirt-nya diberi nomor urut, dari 1 hingga 100. Sementara itu, jumlah sisirnya cuma tersedia untuk 25 pembeli pertama paket tersebut. Paket itu bisa dipesan dan dibeli hanya secara online.

Menurut JRX, produsen Rita tak mendapat bagian uang dari proyek itu. RMBL membeli putus 100 kaleng pomade tersebut.

JRX mengaku mengoleksi satu paket itu. "Punya dong," tutupnya. Ia pun mengaku masih memakai minyak rambut tersebut. "Kadang masih," tulisnya.

Komentar