Dangerous Project Oxide a.k.a DPOX Bekasi Punk Rock

Dangerous Project Oxide (DPOX) merupakan perpaduan menarik dari semua ideologi tentang Punk Rock yang coba dirangkum lebih tajam oleh keempat sekawan asal Bekasi.
Dangerous Project Oxide a.k.a DPOX Bekasi Punk Rock
Dangerous Project Oxide (DPOX)
DPOX sendiri awal dibentuk tahun 2008 beranggotakan Nero (Vokal + Gitar), Bejo (Bass), Alke (Drum), dan Eky (Gitar). Secara musikalitas, band ini banyak ter-influence dengan root punk rock music yang diusung oleh Rancid, NOFX, Anti Flag, Greenday, dan Superman Is Dead. Album pertamanya ‘Sosial, Ideologi, Cinta’ rilis tahun 2015, menghasilkan hits single seperti ‘Hey Senior’ dan ‘Tradisi Korupsi’.

Dangerous Project Oxide (DPOX) merupakan perpaduan menarik dari semua ideologi tentang Punk Rock yang coba dirangkum lebih tajam oleh empat orang pionir asal Bekasi. Neroic Melvin (Vocal/Gitar), Chris Sandryan (Gitar/Back Vocal), Bejo (Bass/Back Vocal), dan Alke (Drum) secara jelas mengusung aliran Punk Rock.

Asal Usul Nama Dangerous Project Oxide

Nama dari Dangerous Project Oxide sendiri terinspirasi dari keadaan bumi ini yang semakin panas akibat global warming yang terjadi sampai saat ini. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia Dangerous Project Oxide berarti Proyek Berbahaya Oksida. Oksida disini adalah senyawa kimia yang sedikitnya mengandung sebuah atom oksigen dan sedikitnya mengandung unsur lain, dan oksida terbentuk ketika unsur-unsur dioksidasi oleh oksigen diudara. Ketika sudah bicara tentang udara disinilah ada masalah serius yang selama ini merupakan gas yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia dan gas tersebut sangat beragam dan banyak jenisnya.

Sebagai contoh, pertama ada Dinitrogen Oksida (gas tertawa) = N2O merupakan gas rumah kaca dan pencemar udara yang dapat memecah ozon karena dapat bereaksi dengan atom oksigen dan membentuk NO (Natrium Oksida) yang dapat memecah ozon. Gas ini 4 kali berbahaya dari karbon dioksida karena langsung menyerang paru2 yang menyebabkan paru-paru membengkak dan bisa mnyebabkan kematian.

Contoh yang kedua adalah NO (Natrium Oksida) = gas yang sulit diamati karena tidak berwarna dan tidak berbau, bila dalam kadar yang tinggi NO dapat mencemari udara yang dapat menyebabkan kerusakan sistem syaraf. Pemicu terbentuknya gas NO ini adalah pembakaran di alat transportasi, generator pembangkit listrik, pembuangan sampah, dll.

Pengendalian untuk mengurangi pencemaran NO adalah membatasi/mengontrol penggunaan kendaraan bermotor, dan pengontrolan penggunaan gas. Dengan dasar diatas dan beberapa contoh gas beserta semua efeknya bagi manusia.

Mereka memilih nama Dangerous Project Oxide sebagai suatu simbol pemberontakan pada manusia itu sendiri agar lebih memikirkan keselamatan semesta dibandingkan pribadi mereka sendiri. Melupakan perbedan dan mengutamakan kesetaran serta ‘Stay Under Control and Keep Your Move Freedom’ adalah dasar pemikiran dari semua lirik lagu yang dibawakan oleh band ini yang mengacu pada konsep anarkisme modern.

Hal ini sangat terasa kental di single pertama mereka yang berjudul “Hey Senior” yang syarat akan sindiran garis keras tentang sistem senior-junior yang salah di Indonesia.

Pertengahan 2017 lalu Dangerous Project Oxide lolos sebagai 10 besar band di Ripstore Live Festival, ajang kompetisi musik yang diadakan oleh platform musik digital Ripstore.Asia, yang kemudian membawa mereka tampil satu panggung bersama Superiots, ikon street punk lokal ternama pada acara Soundsations, serta band independen papan atas seperti Seringai, Kelompok Penerbang Roket dan NTRL.
Kita Bukan Amerika, artwork
Setelah 2 tahun album ‘Sosial, Ideologi, Cinta’ rilis, bulan November 2017 yang lalu D.P.O.X akhirnya merilis sebuah EP yang bertajuk "Kita Bukan Amerika" sesuai dengan judul single terbaru andalan mereka. EP ini sendiri berisi 6 track andalan seperti, Kita Bukan Amerika, Propaganda, Survive, I'll Be Your Man, Tenggelam, Fanatik Mati Rasa. Yang bisa kalian dapatkan via iTunes (klik disini)

Kontak Band D.P.O.X

Telepon : +62 812 801 64 117
Instagram : @dpox_official
Reverbnation : D.P.O.X

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dangerous Project Oxide a.k.a DPOX Bekasi Punk Rock"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel