Jepang Menjadi Langkah Awal Endank Soekamti Tampil di Kancah Internasional

Jepang Menjadi Langkah Awal Endank Soekamti Tampil di Kancah Internasional
Endank Soekamti ke Jepang | foto: soekamti.com

Soekamti Day di Jepang

Selain deretan jadwal panggung yang cukup padat di dalam negeri, ada kabar terbaru dari Endank Soekamti. Pada 3 Mei 2018 silam trio asal Yogyakarta ini telah melakukan Soekamti Day di Nagoya, Jepang.

Kedatangan Erix Soekamti (bass/vokal), Dory (gitar/vokal), dan Tony ‘The SuperSAS’ (drum) di negeri sakura tersebut atas undangan anggota Saburai Lampung yang ada di Jepang.

Menurut ketua penyelenggara Muhamad Bayu Bussroni, acara tersebut juga menjadi perayaan terbentuknya dan sekaligus peresmian Saburai Japan, yang merupakan perkumpulan anak rantau yang ada di Jepang.

Saburai sendiri merupakan singkatan dari ‘Sang Bumi Ruwai Jurai’ yang artinya ‘satu bumi dua aliran adat budaya’.

Setelah melakukan voting dari beberapa artis, Endank Soekamti mendapatkan suara terbanyak. Menurut Roni, penggemar Endank Soekamti di Jepang cukup banyak. “Kami ingin meminta Endank Soekamti berpartisipasi untuk perayaan acara ini, kebetulan saya sendiri pun ngefans dengan Endank Soekamti,” ujar Roni.

Acara tersebut juga akan mengundang Baraya Viking Japan, Lanus, Bonex, Pasopati yang ada di Jepang. Selain Endank Soekamti, peresmian Saburai Japan ini juga akan diramaikan oleh band lokal Jepang, dan band warga Indonesia yang ada di sana.

Selain tampil di Nagoya, Endank Soekamti juga akan melancong ke Kyouto, Universal Studio Japan (USJ), dan OSU (Nagoya).

Bagian dari tur musik untuk album ‘Salam Indonesia’

Endank Soekamti - Salam Indonesia
Endank Soekamti - Salam Indonesia
Di akhir tahun 2017 kemarin, trio asal Yogyakarta ini memang baru saja merilis album terbaru mereka bertajuk Salam Indonesia. Bisa dikatakan penampilan mereka di Jepang kemarin menjadi salah satu bagian dari promosi album terbaru yang berisi 17 lagu baru yang khas dengan musik-musik gubahan Endank Soekamti.

Album tersebut telah lebih dulu diperkenalkan pada publik dalam dua bentuk, yaitu boxset regular seharga Rp350 ribu dan boxset premium seharga Rp600 ribu. Harga yang kalian bayarkan tersebut termasuk CD, buku, hingga kaus, dan sertifikat kepemilikan album Endank Soekamti.

Nggak mau disebut Go International!

Kalau beberapa musisi berebut disebut tengah go international, Endank Soekamti justru menolak hal tersebut. Erix, sang vokalis, mengatakan kalau keberangkatan grupnya manggung di Jepang memang sesuatu yang istimewa, tapi sama aja dengan manggung di lokasi lain di Indonesia.

Malah, lewat album terbarunya Salam Indonesia, mereka ingin memperkenalkan lokalitas bangsa ini untuk musik internasional. Lagu berjudul Rock Revolution, misalnya, grup band yang terbentuk sejak tahun 2001 ini bercerita mengenai perubahan positif yang terjadi di Arborek, kampung terbersih di Papua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "Jepang Menjadi Langkah Awal Endank Soekamti Tampil di Kancah Internasional"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel