Endank Soekamti Tour 'Salam Indonesia' Sumba-Jawa Pada Bulan Puasa

Endank Soekamti Tour 'Salam Indonesia' Sumba-Jawa Pada Bulan Puasa
Endank Soekamti - Salam Indonesia | dok. EndSoe
Endank Soekamti nggak henti-hentinya dalam membuat gebrakan nyata untuk kemajuan Indonesia. Setelah membuat kampus sendiri dengan nama DOES University, pada bulan April kemarin Endank Soekamti mengeluarkan website SalamIndonesia.ID. Website ini berfungsi sebagai katalog atau direktori tempat wisata di Indonesia yang belum pernah di-publish sebelumnya.

Kekayaan Indonesia yang masih terpendam

Endank Soekamti yang sekarang digawangi oleh Erix Soekamti, Dory Soekamti, dan Tony Soekamti ini mempunyai kebiasaan yang unik. Mereka selalu menyempatkan 1-2 hari untuk berwisata ketika selesai manggung. Misalnya mereka ke Bali, maka 1-2 hari setelah konser mereka akan jalan-jalan ke tempat yang belum dikunjungi sebelumnya. Atas dasar ide itulah, Endank Soekamti meluncurkan SalamIndonesia.ID yang berisi direktor tempat wisata “rahasia” di Indonesia.

Erix Soekamti, pioneer dari proyek ini bercerita bahwa banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang masih terpendam. Padahal sejatinya jika diekspos ke khalayak ramai, bukan nggak mungkin masyarakat di sekitar tempat wisata akan terbantukan secara finansial. Salah satu kunjungan teman-teman Endank Soekamti adalah ke Megalit di kawasan Poso, Sulawesi Tengah. Di Poso, ternyata terdapat Megalit berumur ratusan tahun dengan pemandangan yang sangat indah.
Taman Nasional Lore Lindu - Endank Soekamti Salam Indonesia
Taman Nasional Lore Lindu

Tur Sumba-Jawa pada bulan Puasa

Ketika konser harus terhenti karena puasa, Endank Soekamti nggak berhenti berkarya. Melanjutkan proyek SalamIndonesia.ID, teman-teman Endank Soekamti akan berkeliling dari Sumba dan kembali ke Pulau Jawa. Di sana, tim Endank Soekamti akan memanfaatkan database yang telah masuk ke website SalamIndonesia.ID. Selain melakukan tahap kurasi, tim Endank Soekamti juga akan mempromosikan selama satu bulan penuh ketika mereka berkunjung ke tempat-tempat baru.

Buat kalian yang penasaran seperti apa sih bentuk dari SalamIndonesia.ID, kalian bisa cek di website mereka atau langsung melihat videonya di channel Erix Soekamti. Atau jika kalian punya tempat wisata di sekitar kalian yang menarik tetapi masih belum banyak orang yang tahu, kalian bisa langsung berkontribusi melalui website tersebut.
Erix Soekamti Salam Indonesia
Erix Soekamti | doc. erixsoekamti.com

Asal Mula Endank Soekamti Punya Ide Melakukan Tur Salam Indonesia

Pada akhir tahun lalu, Endank Soekamti merilis album ke delapan yang bertajuk ‘Salam Indonesia’. Album tersebut direkam selama 30 hari di atas kapal phinisi dengan mengarungi lautan di Papua.

Dengan semangat yang sama, sepanjang Mei-Juni 2018 nanti Erix Soekamti bakal menjalani trip Salam Indonesia. Namun perjalanan kali ini ia tidak sedang mengerjakan album musik bersama Endank Soekamti, tapi membuat ensiklopedia budaya dan pesona alam Indonesia dalam bentuk video, fotografi, dan teks.

Tanpa ditemani Dory (gitar), Tony (drum) yang merupakan personel Endank Soekamti lainnya, pada trip kali ini Erix akan dibantu oleh tim kreatif yang terdiri dari videografer, fotografer, editor, penulis, dan programmer.

Trip Salam Indonesia akan dimulai sejak 10 Mei hingga 13 Juni 2018. Melalui perjalanan darat dan menyeberangi lautan, petualangan tersebut bakal dimulai dari Sumba dan berakhir di Yogyakarta. Tempat-tempat yang akan didatangi nantinya berdasarkan kontribusi dari masyarakat yang telah memberikan informasi lewat www.salamindonesia.id

Lewat situs tersebut, masyarakat bisa memberikan informasi tentang pesona alam, potensi wisata, dan budaya di daerah masing-masing. Dalam setiap perjalanannya nanti, Erix dkk juga akan melibatkan teman-teman di daerah setempat sebagai pemandunya. Menurut Erix, Akamsi (Anak Kampung Situ) bakal banyak lebih mengetahui lebih detil seluk beluk tempat tersebut.

Dari informasi tersebut kemudian akan dikurasi, dikunjungi dan eksplorasi oleh tim Salam Indonesia. Hasil eksplorasi tersebut bisa disaksikan setiap hari selama perjalanan lewat www.salamindonesia.id.

Menurut Erix Soekamti hal ini dilakukan agar teman-teman bisa mengetahui apa saja kekayaan Indonesia yang ada di daerahnya. Karena jika sudah tahu, maka kita akan bisa mensyukuri, menikmati, dan menjaganya.

Tempat-tempat yang bakal didatangi adalah aset Indonesia yang mungkin belum diekspolrasi dengan baik. Erix meyakini bahwa masih banyak tempat-tempat dan informasi budaya yang banyak belum dikenal luas. Trip Salam Indonesia juga didukung oleh Toyota, Fuji Film, Telkom, Eiger, dan Starcross. (*)

Source: salamindonesia.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Endank Soekamti Tour 'Salam Indonesia' Sumba-Jawa Pada Bulan Puasa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel