Kendeng Squad, Lahir Karena Melawan!

Kendeng Squad, Lahir Karena Melawan!
Kendeng Squad | doc. Kendeng Squad
Kendeng Squad, kolektif punk rock asal pegunungan Kendeng yang terbentuk karena Melawan. Ya mereka melawan bentuk ketidak adilan dan penindasan yang terjadi di Pegunungan Kendeng yaitu rencana pembangunan pabrik semen disana.

Kolektif Punk ini pun sangat aktif dalam menyuarakan perlawanannya kepada korporat PT Semen dan pemerintah yang berusaha menggusur lahan hidup mereka. Mereka selama ini mengawal kasus yang terjadi antara Masyarakat sekitar pegunungan Kendeng dan korporat maupun pemerintah rakus yang akan merampas hidup masyarakat disana.

Kendeng Squad merupakan kelompok remaja peduli lingkungan yang terbentuk karena mereka ingin menyuarakan perlawanan melalui musik. Mereka berasal dari masyarakat asli Pegunungan Kendeng yang tergabung dalam Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JM-PPK).

Sampai saat ini mereka memiliki beberapa single lagu yang bertema Perlawanan terhadap pabrik semen dan lagu penyemangat para aktivis peduli pegunungan Kendeng.

Simak salah satu lagu mereka dibawah ini.



Pagi pegunungan Kendeng adalah pagi yang melawan. Bukan masyarakatnya yang melawan, namun alam memberikan sinyal bahwa hijau dedaunan, air yang mengalir, dan antusiasme masyarakat seperti menjawab semua keraguan.

"Nggih mekaten niki. Alam niku lak nggih molah malih to. Rumiyin sae, sak menika dados rusak. Kala rumiyin gersang, sak menika subur. Kantun awake dewe anggenipun nggulawentah mawon (Ya begini ini. Alam itu kan berubah. Mungkin dulu bagus sekarang rusak, mungkin dulu gersang sekarang subur. Tinggal kita saja bagaimana memperlakukan alam)," kata Sukinah, warga Tegal Dowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang.

Pagi pegunungan Kendeng adalah pagi yang melawan. Pagi penuh semangat. Pagi yang mematahkan keraguan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kendeng Squad, Lahir Karena Melawan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel